Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Maraknya Kasus Sengketa Lahan Resahkan Masyarakat

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 Februari 2017 - 20:18 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto, menyayangkan maraknya sengketa lahan yang terjadi di kota Cantik. Bahkan, beberapa kasus sengketa lahan ada yang sampai masuk ke ranah hukum.

Menurut Sigit, kondisi ini telah menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat. Keberadaan Tim Penyelesaian Sengketa Tanah dan Lahan hingga saat ini belum ada gaungnya. Padahal tugas tim ini menjadi jembatan bagi pihak-pihak yang bersengketa.

Ia menegaskan keberadaan Tim Penyelesaian Sengketa Tanah dan Lahan ini sangat penting. Pasalnya, Kota Palangka Raya sangat rawan terhadap hak kepemilikan tanah ganda. Sebab, hingga sekarang sudah terlalu banyaknya surat tanah yang dikeluarkan, bahkan sampai tumpang tindih.

"Karena kasus-kasus sengketanya banyak, kepastian hukum atas tanah menjadi diragukan. Akhirnya masyarakat yang mau beli tanah menjadi ragu-ragu, takut bermasalah nantinya. Tanah atau lahan yang sudah bersertifikat saja masyarakat masih ragu-ragu, apalagi yang status tanahnya masih Surat Keterangan Tanah (SKT), masyarakat cenderung tidak percaya dan takut bermasalah," ungkap Sigit kepada Borneonews, Senin (20/2/2017).

Menurut Sigit, kewenangan mengeluarkan SKT oleh pihak kelurahan sebenarnya harus berkoordinasi juga dengan pihak Damang maupun Mantir Adat supaya di dalamnya ada unsur hukum positif dan hukum adat. Sehingga nantinya, baik pihak kelurahan maupun Damang/Mantir juga tidak mungkin mengeluarkan surat tanah dua kali, hanya satu kali dan tidak mengakibatkan tumpang tindih.

"Oleh karena itu saya minta Pemkot untuk menginventarisasi tanah kepemilikan warga harus induk, tidak boleh dibawa kemana-mana atau ke rumah karena itu data. Mengingat pengalaman yang lalu, akibat ganti lurah, ganti lagi kebijakannya," tutup politisi PDI Perjuangan ini. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru