Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rasio Guru dan Murid di Palangka Raya Harus Tepat

  • Oleh Testi Priscilla
  • 21 Februari 2017 - 15:08 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemetaan guru dinilai sangat penting untuk pemerataan guru agar tidak terjadi penumpukan di satu sekolah. Penilaian ini diungkapkan Mukarramah, Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya menyikapi kondisi ketimpangan jumlah tenaga pendidik di kota. Menurut Mukarramah, rasio guru dan murid harus tepat.

"Kita sempat melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong. Di sana mereka berhasil melakukan pemetaan guru untuk guru SD sampai SMA," jelas Mukarramah, Selasa (21/2/2017).

Mukarramah menyebut di Tabalong, dinas pendidikannya bisa memetakan rasio guru SD 1:13 (1 guru banding 13 murid). Sementara untuk SMP 1:11, SMA 1:12 dan SMK 1:19 rasio guru dan siswa. "Sehingga pengajar tidak mengajari terlalu banyak siswa," jelasnya.

Dikatakan, dewan mengharapkan Pemerintah Kota Palangka Raya bisa segera melakukan pemerataan guru dengan semaksimal mungkin. Caranya bisa dimulai dari pemetaan guru agar tidak terjadi penumpukan guru di sekolah dalam kota, sementara sekolah di pinggiran kota kekurangan tenaga pendidik. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru