Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kualitas Cabai Lokal Lebih Unggul

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 21 Februari 2017 - 17:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kualitas cabai rawit yang diproduksi petani lokal di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sebenarnya tidak kalah dibandingkan dengan cabai rawit yang didatangkan dari Pulau Jawa. Selain harga yang lebih murah, cabai lokal dijamin masih bebas dari bahan kimia.

Menurut Khotimah, pedagang sayuran di Pasar Indra Sari cabai yang dibeli dari Jawa cepat busuk. Ia mengaku, cabai dari Jawa yang baru dibeli cepat membusuk. "Baru dua hari saya beli, busuk semua, dua karung enggak bisa dijual," Keluh Khotimah, Selasa (21/2/2017).

Karena itu, Khotimah mengatakan saat ini ia lebih memilih membeli cabai langsung dari petani lokal. 

Imam Kusno, petani lokal, mengatakan cabai yang mereka tanam juga diari bibit kualitas unggul. "Petani kita masih jujur dan kualitas pun tidak kalah dari cabai yang dihasilkan di pulau jawa," beber Kusno.

Ia menuding sebagian cabai yang didatangkan dari Jawa sudah terkontaminasi bahan kimia. Sehingga, cabai lokal bisa dipastikan lebih baik mutunya. Selain itu, lanjutnya, lebih murah. "Kalau dari Jawa Rp150 ribu perkilogram. Sementara dari petani lokal hanya Rp125 ribu. Saat ini rata-rata pedagang mengambil dari kita petani lokal," kata Kusno. (KOKO SULISTYO/B-10)

Berita Terbaru