Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sidoarjo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Titisan Nyi Roro Kidul Tolak Tujuh Lamaran Sebelum Terima Panglima Burung

  • Oleh Nazir Amin
  • 22 Februari 2017 - 17:28 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sri Baruno Prameswari, titisan Nyi Roro Kidul telah menolak tujuh lamaran, sebelum menerima Panglima Burung. Pernikahan gaib ini rencananya dihelat di rumah Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Tengah, Isay Djudae, di Desa Telok, Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, 28 Februari 2017.

Informasi itu diperoleh dari penggalian di lapangan. Kapolsek Katingan Tengah, AKP Wahono, juga sudah mengecek ke kediaman Damang Isay Djudae, di Desa Telok, soal kepastian perhelatan tersebut. "Iya setelah kami lakukan pengecekan dengan Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Tengah, Isay Djudae membenarkan adanya rencana pernikahan titisan Nyiroro Kidul dengan Panglima Burung atau Panglima Dayak itu."

Kapolres Katingan AKBP Tato Pamungkas Suyono mengaku telah menggelar rapat koordinasi dengan para pihak untuk menyikapi rencana pernikahan itu. Kepada Borneonews melalui telepon selular, Rabu (22/2/2017), Kapolres mengatakan, pihaknya bersama Dewan Adat Dayak (DAD) Mantir, dan Damang Kepala Adat sudah melakukan rapat koordinasi.

Menurut AKBP Tato, berdasarkan keterangan DAD setempat, pernikahan adat atau kawin adat seperti itu tidak ada."Tapi kalau ritual adat kata pihak DAD umumnya tidak disebarluaskan, cukup pihak keluarga saja yang tahu."

Namun jika rencana acara itu memang tetap digelar pada 28 Februari 2017, pihaknya bakal melakukan pengamanan di sekitar tempat acara. "Yaitu pengamanan Kamtibmasnya." (*/ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru