Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pj Bupati Kobar Dukung Pengadaan Anjing Pelacak Narkotika di Pelabuhan dan Bandara

  • 22 Februari 2017 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pejabat Bupati (Pj) Kotawaringin Barat (Kobar), Nurul Edy, mendukung keinginan pihak kepolisian dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kobar, terkait pengadaan anjing pelacak (pasukan K9) khusus narkotika.

"Memang sudah saatnya kita memiliki anjing pelacak di setiap pelabuhan dan bandara," kata Nurul Edy, Rabu (22/2/2017).

Pengadaan anjing pelacak, sebut dia, dinilai masih realistis. Pasalnya, belum ada satupun alat pendeteksi sinar x (X-Ray) di Pelabuhan yang ada di Kabupaten Kobar. Celah ini serig dimanfaatkan penyelundup memasukkan narkoba ke Kobar.

"X-Ray untuk pelabuhan ini harganya sangat mahal, kalau anjing pelacak saya rasa masih mungkin," bebernya.

Bahkan, pihaknya juga mengaku akan membantu dalam penganggarannya. Minimal, pihaknya akan selalu menyampaikan usulan ini ke pemerintah provinsi dan pusat. Selain pelabuhan, bandara dinilai perlu disiagakan minimal 3 ekor anjing pelacak.

"Mungkin bisa saja nanti bentuknya hibah, namun kita kaji dulu aturannya," sebut Nurul Edy.

Berbeda halnya dengan pengadaan anjing pelacak untuk para penegak Perda (Satpo-PP), pihaknya masih belum berencana melakukannya. "Selain belum perlu, tupoksinya berbeda," terangnya.

Menurut dia, yang membutuhkan anjing pelacak adalah pihak kepolisian dan BNN untuk mencegah masuknya narkoba di wilayah Kabupaten Kobar. Pemnerantasan narkoba, harus dilakukan secara masif dan terstruktur.

"Tugas Pol-PP kan penegakan perda, soal narkoba kan kewenangan polisi dan BNN. Tetapi kami akan selalu mendukung pemberantasan narkoba di Kobar," tandasnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-10)

Berita Terbaru