Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Semua Arsip Daerah di Kotawaringin Timur akan Dikumpulkan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 22 Februari 2017 - 23:04 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini mulai mengumpulkan arsip-arsip daerah yang tersebar di sejumlah SKPD di lingkungan pemkab setempat.

'Selama ini mungkin penyimpanan arsip daerah belum terkelola dengan baik. Makanya ketika Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ini berdiri, ternyata arsip yang kita pegang hampir tidak ada. Sebab itu, kami akan mengumpulkan arsip-arsip yang ada di setiap SKPD,' ujar Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kotim Titin Srikandi, Rabu (22/2/2017).

Menurutnya, target utama yang perlu dikumpulkan arsip-arsipnya adalah SKPD yang kena likuidasi atau yang dilimpahkan kewenangannya ke provinsi atau pemerintah pusat. Di antaranya adalah Dinas Pertambangan dan Energi, Dinas Kehutanan, kemudian Bidang Pendidikan Menengah di Dinas Pendidikan, serta di Akper Pemkab Kotim yang akan menjadi badan.

'Secara bertahap akan kami kumpulkan arsip-arsip di Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD Kotim, dan SKPD lainnya. Memang perlu kerja keras untuk mengumpulkan arsip-arsip tersebut,' lanjut Titin.

Yang juga menjadi perhatian mereka adalah arsip-arsip tempo dulu terkait dengan berdirinya Kotim serta dokumentasinya seperti foto dan lainnya. Saat ini nyaris tidak ada tersimpan arsip dan foto tentang berdirinya daerah ini.

'Ketika kita melakukan studi banding ke Kabupaten Kobar, kita mendapatkan informasi bahwa untuk mendapatkan arsip tentang sejarah dan berdirinya Kotim, kita bisa mencarinya di ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia). Kalau Kobar, mereka menemukan banyak arsip tentang Kobar di sana. Makanya kami juga akan ke sana,' ucap Titin. (M HAMIM)

Berita Terbaru