Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkayang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Jaringan PLN Palangka Raya-DAS Barito Tuntas

  • Oleh Rokim
  • 22 Februari 2017 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pelan tapi pasti. Begitula yang dilakukan PLN untuk terus memperluas jaringan di wilayah Kalimantan Tengah. Belum lama ini PLN telah mempu mengonekkan sistem jaringan yang menghubungkan Palangka Raya-Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito.

Tapi usaha untuk mengonekkan sistem jaringan itu menurut Manajer PLN Cabang Palangka Raya, Mujiono tidak mudah. Butuh perjuangan lumayan berat. Perlu negosiasi cukup alot dan perlu waktu lama untuk menyelesaikan proyek koneksi jaringan.

Kenapa bisa begitu ternyata banyak kendala yang dialami PLN untuk menuntaskan pekerjaan pembangunan tiang transmisi tegangan tinggi. Salah satunya karena lahan yang bakal ditempati untuk mendirikan tiang transmisi di wilayah Barito selalu mendapat penolakan dari warga.

Padahal dari PLN telah menyediakan biaya ganti rugi, namun lantaran nilai yang ditawarkan tidak sesuai yang diminta pemilik tanah, sehingga proses ganti memakan waktu lama, meski pemerintah daerah ikut memfasilitasinya.

Namun setelah dilakukan pendekatan dan loby, sehingga proses ganti rugi lahan akhirnya tuntas. "Terakhir ini dua yang tidak setuju, tapi akhirnya setuju juga," ucap Mujiono saat berbincang dengan Pimpinan Bornoenews.co.id dan Palangka Post, Yohanes Widada, Rabu (22/2/2017) sore.

Mujiono menjelaskan meski wilayah Palangka Raya-DAS Barito sudah konek jaringan, namun secara keseluruhan wilayah Kalimantan Tengah belum konek Sistem Barito, karena wilayah barat belum konek. Saat ini PLN sedang berupaya menuntaskan pekerjaan tiang transmisi yang menghubungkan Sampit-Pangkalan Bun.

Dia mengatakan jika jaringan Sampit-Pangkalan Bun sudah terbangun, maka jaringan listrik di Kalteng sudah konek dengan Sistem Barito, bahkan konek juga dengan Kaltim. (ROKIM/B-6)

Berita Terbaru