Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumenep Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penilaian Hutan Kota di Seruyan Mendapat Predikat Sangat Jelek! Mengapa

  • Oleh Parnen
  • 23 Februari 2017 - 08:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Selain terbentur terhadap persoalan penanganan sampah di ibukota Kabupaten Seruyan, Kuala Pembuang, membuat wilayah inimasih jauh tertinggal dari kabupaten lain di Kalteng menyangkut raihan prestasi piala Adipura untuk kategori kecil dan menengah terbersih.

Penyebab lain yang juga muncul selain soal sampah, yakni terkait keberadaan hutan kota yang menjadi salah satu titik pantau penilaian Adipura.

Dengan gamblang Bupati Seruyan Sudarsono mengatakan, dari hasil penilaian I (P1) tim penilai Adipura memberikan nilai sangat jelek bagi Seruyan yakni dengan nilai 30 saja untuk penilaian komponen hutan kota.

"Kita akan segera lakukan penetapan area kawasan hutan kota yang dimaksud. Nanti akan kita rapatkan bersama," kata Sudarsono kepada Borneonews, Kamis (23/2/2017).

Sudarsono berharap, pada penilaian kedua II Adipura yang akan berlangsung pada Maret-April 2017 nanti, peringkat nilai yang diperoleh Seruyan bisa mengalami peningkatan lagi.

"Kalau hutan kota ini tidak segera ditetapkan, maka akan berdampak terhadap raihan nilai Adipura pada penilaian berikutnya," ujarnya.

Sementara itu, untuk penilaian I (P1) tahun 2016-2017, Kabupaten Seruyan, hanya mampu berada diperingkat kesembilan dari 13 kabupaten dan satu kota di Propinsi Kalimantan Tengah. Dengan raihan nilai sementara sebesar 60,58 dari yang sebelumnya hanya 54,57. (PARNEN/B-5)

Berita Terbaru