Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Air Sungai di Gunung Mas masih Layak Konsumsi

  • 23 Februari 2017 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun -  Air sungai di Kabupaten Gunung Mas masuk dalam kategori kelas II. Artinya, air sungai masih layak dikonsumsi, namun harus melalui pengolahan atau diendapkan dan dimasak. Hal itu berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Dinas lingkungan Hidup Kabupaten Gunung Mas (Gumas).

"Pengambilan sampel air dilakukan pada Juli 2016. Pengujian sampel dilakukan Unilab Jakarta. Dari hasil pengujian di beberapa DAS (daerah aliran sungai) di Gunung Mas masuk kelas II," ungkap Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gumas, Aga Handuran di ruang kerjannya, Kamis (23/2/2017).

Menurut dia, Dinas Lingkungan Hidup Gumas mengambil sampel di empat DAS. Yakni di DAS Kahayan, DAS Manuhing, DAS Rungan dan DAS Miri."Sampel diambil di tiga titik, yakni hulu sungai, pertengahan dan bagian hilir," terang dia.

Dia menambahkan, pada air yang diuji yang paling banyak kadar besi dan lumpur. "Kepada masyarakat jangan mengonsumsi air sungai tanpa melalui pengolahan atau dimasak. Untuk kelas air yaitu kelas I airnya bersih dan layak konsumsi, kelas II harus diolah terlebih dahulu, kelas III tidak layak dikonsumsi untuk manusia dan kelas IV berbahaya," katanya. (EPRA SENTOSA/B-2)

Berita Terbaru