Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekjen DAD: Pernikahan Manusia-Makhluk Gaib Biasa Terjadi di Kalimantan

  • Oleh Nazir Amin
  • 23 Februari 2017 - 12:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pernikahan manusia dengan makhluk gaib dipercaya sering, bahkan biasa terjadi di Pulau Kalimantan, hanya tidak pernah terpublikasi. Setidaknya tidak seramai, dan seheboh rencana perkawinan tokoh Dayak Pangkalima Burung dengan Sri Baruno Jagat Prameswari.

Sekretaris Jenderal Dewan Adat Dayak (Sekjen DAD) Kalimantan Tengah, Yansen Binti, seperti dikutip dari Antara, Rabu (22/2/2017), mengungkapkan, adanya fenomena itu. Ia menyebutkan, temannya yang berumur lebih tua darinya, pernah menikah dengan makhluk gaib. Tapi prosesinya tidak dipublikasikan, sehingga tak menghebohkan.

Karena itu, Yansen menganggap rencana pernikahan Panglima Burung dengan Sri Baruno Jagat Prameswari itu biasa saja. Ia mengatakan, ritual pernikahan antara Panglima Dayak yang biasa disebut Pangkalima atau Panglima Burung dengan Sri Baruno Jagat Parameswari yang diduga titisan anak Nyi Roro Kidul itu, heboh karena media sosial.

Yansen mengatakan, walau Sri Baruno Jagat Prameswari ini menurut informasi titisan Nyi Roro Kidul tapi berwujud manusia dan berasal dari Bali. Karena itu, membuat orang-orang penasaran mengenai prosesi pernikahannya dengan Pangkalima Burung, yang digambarkan sebagai tokoh gaib.

"DAD Kalimantan Tengah akan mengawal prosesi pernikahannya itu. Jika memang ritual adat, harus sesuai tahapan dari A sampai Z. Jangan sampai ada tertinggal. Itu sangat penting karena ritual adat, tidak bisa main-main," ujar Binti Yansen.

Seperti ditulis Borneonews.co.id, pernikahan gaib ini rencananya dihelat di rumah Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Tengah, Isay Djudae, di Desa Telok, Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, 28 Februari 2017.

Panitia perkawinan gaib ini juga mengundang sejumlah nama besar di Tanah Air. Antara lain, Presiden Joko Widodo, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran, serta pejabat lainnya. (*/Antara/N).

Berita Terbaru