Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Makassar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

'Tarif Pelanggan PDAM Murung Raya Paling Murah se- Kalteng

  • Oleh Supri Adi
  • 23 Februari 2017 - 13:46 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Tarif yang ditetapkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum Murung Raya (PDAM Mura) Rp2.400 per kubik paling kecil atau paling murah jika dibandingkan dengan kabupaten/kota se Kalimantan Tengah (Kalteng).

Direktur PDAM Mura, Ukerius Hindu mengatakan, untuk perbandingan tarif PDAM dengan kabupaten lain bisa dilihat dari kabupaten tetangga, yaitu Kabupaten Barito Utara (Barut).

"Barito Utara sepengetahuan saya sekitar Rp4.000-an per kubik, Barito Selatan Rp5.000-an per kubik dan Gunung Mas sekitar Rp6.000-an per kubik. Jika dibandingkan dengan kabupaten itu, tarif Murung Raya paling rendah (murah)," sebut Ukerius, Kamis (23/2/2017).

Menurut Ukerius pula, rendahnya tarif per kubik tersebut membuat pihak PDAM Mura setiap tahun harus mendapatkan sokongan subsidi dari pemerintah daerah agar pelayanan kepada pelanggan bisa terus dilakukan.

"Biaya pelayanan per kubik di Murung Raya sebenarnya lebih besar jika dibandingkan dengan tarif yang ditetapkan sekitar dua tahun lalu. Tarif tidak bisa ditetapkan seenaknya, karena PDAM bukan bisnis. Kalau bisnis otomatis tarif akan dinaikan agar bisa untung," tambah Ukerius lagi. (SUPRIADI/B-2)

Berita Terbaru