Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Melawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disnakertrans Sukamara Desain Ulang Kawasan Transmigrasi

  • Oleh Norhasanah
  • 23 Februari 2017 - 14:35 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sukamara berencana membuat perencanaan ulang pada lahan Transmigrasi Desa Pulau Nibung, Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara, karena status kawasan lahan usaha dua saat ini masuk status kawasan hutan.

'Adanya redesain ulang yang dilakukan untuk perencanaan SP1 dan SP2 transmigrasi,' kata Kepala Disnaketrans Sukamara, Evy Andriani, Kamis (23/2/2017).

Menurut Evy, penataan kawasan SP1 sebelumnya dilakukan oleh Pemkab Sukamara dan penataan SP2 dilakukan oleh Kementrian Transmigrasi. Ternyata setelah penataan dilakukan dan warga transmigrasi ditempatkan di sana kemudian timbulnya sejumlah permasalan yang membuat pihak terkait sulit melakukan pengembangan transmigrasi yang ada saat ini.

'Itu sebabnya kita melakukan redesain ulang dan kita upayakan untuk bisa masuk kawasan Area Pengguna Lain (APL). Dengan adanya permasalah yang timbul tersebut dapat diatasi, dan penataan ulang ini pula tidak menggangu pengembangan yang rencananya akan kita lakukan,' tuturnya.

Dengan adanya sejumlah permasalahan yang muncul membuat warga trasmigrasi kesulitan melakukan pengelolaan lahan sehingga untuk menghindari kesalahan pihaknya hanya mengelola lahan seadaanya.

'Sehingga mereka saat ini hanya mengelola lahan pekarangan dan Lahan Usaha (LU) satu karena hanya lahan ini yang bisa digatap oleh warga trasmigrasi,' tutupnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru