Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Magelang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

'Pemasungan terhadap Penderita Gangguan Kejiwaan masih Terjadi di Murung Raya

  • Oleh Supri Adi
  • 23 Februari 2017 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Fenomena pemasungan terhadap penderita gangguan kejiwaan masih bisa ditemukan di beberapa desa di Kabupaten Murung Raya (Mura).

Terkait hal itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kabupaten Murung Raya Rusine melalui Borneonews, meminta pihak keluarga penderita gangguan kejiwaan supaya tetap mengedepankan sisi kemanusian bila terpaksa melakukan pemasungan.

"Dari sisi aturan memang pemasungan itu dilarang, tetapi kita juga menyadari alasan keluarga penderita gangguan jiwa bila tidak dipasung akan membuat kegaduhan di lingkungan sekitar," ungkap Rusine, Kamis (23/2/2017).

Disampaikan Rusine, dirinya juga berharap masyarakat yang memiliki keluarga menderita gangguan kejiwaan supaya segera melapor ke Dinas Sosial agar bisa ditangani. Tetapi tentu harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

"Persyaratannya harus terpenuhi, seperti laporan ketua RT dan laporan dari Dinas Kesehatan tentang kondisi warga penderita gangguan jiwa. Dari awal 2017 sampai saat ini, kita sudah banyak membantu penanganan penderita gangguan jiwa dengan membawa ke rumah sakit jiwa," tutup Rusine. (SUPRIADI/B-3)

Berita Terbaru