Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dharmasraya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

2018 Pelabuhan Penumpang Sampit Dipindah ke Pelangsian

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 23 Februari 2017 - 16:23 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pada 2018 mendatang pelabuhan kapal penumpang yang saat ini berada di samping Ikon Kota Patung Jelawat, Sampit, akan dipindah ke pelabuhan yang berada di Desa Pelangsian, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

'Baik itu kapal penumpang maupun barang akan dipindahkan ke Pelabuhan Pemerintah Kabupaten yang berada di Desa Pelangsian,' ujar Bupati Kotim Supian Hadi, Kamis (23/2/2017).

Pemindahan tersebut dilakukan karena Pelabuhan Sampit yang ada saat ini berada di tengah Kota Sampit dinilai sudah tidak sesuai dengan kondisi saat yang mana merupakan kawasan padat lalu-lintas.

Sehingga, untuk bongkar muat barang pun tidak baik, karena dikhawatirkan terjadinya kerusakan jalan di tengah kota. Apalagi pelabuhan itu juga digunakan untuk pengangkut barang, dan pastinya menggunakan truk-truk bertonase besar.

'Kami ingin melakukan pencegahan akan kerusakan jalan, jadi dengan adanya pelabuhan tersebut, semua kapal bongkar muat bisa dipindahkan kesana,' lanjut Supian.

Saat ini untuk pelabuhan pemkab di Desa Pelangsian sudah rampung. Hanya tinggal menambah sejumlah infrastruktur pendukung, seperti mendirikan terminal penumpang, maupun penambahan panjang dermaga. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru