Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepahiang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Partisipasi Masyarakat Pengaruhi Penilaian Adipura

  • 23 Februari 2017 - 20:12 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas mengindikasikan minimnya partisipasi masyarakat menjadi salah satu pengaruh tidak diraihnya penghargaan Adipura dalam tiga tahun terakhir. Partisipasi tersebut yakni bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.

Kabid Pertamanan dan Kebersihan Dinas PU Kapuas, Ahmad Isnaeni mengatakan, minimnya kesadaran masyarakat itu menjadi tantangan mereka. "Kita akan berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat," kata Isnaeni, Kamis (23/2/2017).

Dia mengungkapkan, salah satu titik yang mendapat skor rendah di penilaian adipura adalah penumpukan sampah di kawasan perbelanjaan. Hal tersebut karena warga tidak mematuhi aturan jam buang sampah.

"Petugas kebersihan mengangkut sampah dari TPS sejak pukul 05.00 hingga 09.00 WIB. Tapi masih ada warga yang membuang di luar jam itu," tegas dia.

Terkait itu, Isnaeni kembali meminta masyarakat untuk membuang sampah ke tempat pembuangan sementara (TPS) pada jam yang sudah ditentukan. "Dengan partisipasi masyarakat, maka untuk meraih penghargaan Adipura semakin mudah diwujudkan," kata Isnaeni. (DJIMMY NAPOLEON/B-11)

Berita Terbaru