Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kritik Ketimpangan Rakyat-Pejabat

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 23 Februari 2017 - 19:44 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengkritik kondisi sosial ekonomi di Kalimantan Tengah (Kalteng). Masalahnya terdapat kesenjangan antara pejabat dengan rakyat. Yakni, pejabat banyak dalam kondisi berlebih secara ekonomi. Namun di sisi lain, ada rakyat yang hidup serba kekurangan.

Idealnya, kata Gubernur, dengan kondisi alam yang berlimpah sumber daya, ketimpangan antara masyarakat dengan pejabatnya tidak terlalu jauh dalam hal perekonomiannya. Namun yang terjadi dulu hingga sekarang, masalah itu belum terpecahkan.

Ia pun merasa kasihan dengan nasib rakyatnya yang masih hidup serba kesulitan hanya karena faktor ekonomi. 'Masih banyak ditemukan masyarakat yang miskin dan hidup serba kesulitan, tetapi pejabatnya yang kaya. Seperti ada kebijakan pengelolaan yang salah. Semestinya tidak ada lah pejabat kaya tetapi warga sekitarnya miskin,' tutur Gubenur.

Pengelolaan yang salah di mata gubernur, yakni soal pendapatan daerah dalam struktur APBD Kalteng. Hingga saat ini masih saja bertengger di angka kurang dari Rp 4 Triliun. Padahal hitungan gubernur, tidak kurang dari RP 7 triliun sebenarnya masih bisa diraup Kalteng.

'Mestinya APBD kita sanggup sampai Rp 7 triliun. Ada pengelolaan yang salah menurut saya. Semestinya dengan 2,6 juta penduduk Kalteng, dengan kekayaan alam yang ada di Kalteng ini, mereka tidak ada yang miskin apalagi dibawah garis kemiskinan. Ini ada apa,' ucapnya gusar. (M ROZIQIN/B-8)

Berita Terbaru