Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Padang Pariaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pernikahan Gaib dengan Panglima Burung: Mau Tahu Sosok Sri Baruno Jagat Prameswari Ini Dia Fotonya!

  • Oleh Yohanes S Widada
  • 23 Februari 2017 - 21:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka raya -- Kesibukan di rumah Damang Kepala Adat Desa Telok, Kecamatan Katingan Tengah akan berlangsungnya upacara pernikahan perempuan bernama Sri Baruno Jagat Prameswari dengan Panglima Burung, membuat warga semakin penasaran. Penasaran bahwa hajatan itu benar-benar akan berlangsung.

Pertanyaan yang belum terjawab adalah, siapa sebenarnya mempelai perempuan ini Soal Panglima Burung, warga Katingan khususnya dan Kalimantan Tengah pada umumnya, memahaminya sebagai tokoh gaib yang sangat dihormati. Tetapi sekali lagi, siapa perempuan bernama Sri Baruno Jagat Prameswari itu

Kapolsek Katingan Tengah AKP Wahono mengatakan, bahwa pihaknya telah dihubungi oleh Ibu Retno, yaitu perantara antara Sri Baruno dengan pihak Panglima Burung. Kepada Wahono, Ibu Retno meralat pemberitaan yang mengatakan bahwa Sri Baruno Jagat Prameswari adalah titisan Nyi Roro Kidul.

Menurut Retno, demikian Kapolsek Wahono, Sri Baruno bukanlah titisan Nyi Roro Kidul sebagaimana ramai diberitakan. 'Dia hanyalah orang biasa, yang bernama asli Linda Susanti, yang bekerja sebagai konsultan,' kata Wahono.

Lalu, apa hubungan Linda Susanti dengan Mbah Gini Karyo Redjo asal Dusun Ngenthak, Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang yang terletak di kaki Gunung Merapi yang disebut sebagai pendukung pernikahan itu

Eko Kalisno seorang perangkat desa yang mengaku masih ada hubungan kerabat dengan Mbah Gini mengatakan, bahwa beberapa tahun silam juga pernah ada seorang wanita yang menikah dengan tokoh gaib di desa itu. 'Jangan-jangan perempuan yang mau menikah secara gaib di Katingan itu adalah orang yang sama dengan yang beberapa tahun silam menikah dengan tokoh gaib di sini,' kata Eko kepada borneonews.co.id (22/2/2017).

'Kala itu wanita tersebut menikah dengan tokoh gaib, yaitu Prabu Anom dari Gunung Merapi,' tutur Eko. 'Jika nama Mbah Gini disebut-sebut dalam acara pernikahan di Kalimantan Tengah itu, kemungkinan wanita itu adalah orang yang sama.'

Cempaka Aji Jaka Slewah

Dugaan Eko Kalisno tampak ada kemiripannya. Sebagaimana keterangan Kapolsek Wahono tadi, Sri Baruno Jagat Prameswari bernaman asli Linda Susanti. Dan jika benar Sri Baruno Jagat Prameswari itu adalah Linda Susanti, maka orang itu pulalah yang pernah diberitakan Kompas.com edisi Kamis 23 Oktober 2014.

Kompas memberitakan, bahwa pada hari itu sedang dilangsungkan sebuah pernikahan antara seorang perempuan bernama Cempaka Aji Jaka Slewah dengan tokoh gaib bernama Gusti Kanjeng Pangeran Jaka Samudra.

Pertanyaannya, apakah Prabu Anom yang disebut Eko Kalisno itu adalah Gusti Kanjeng Pangeran Jaka Samudra sebagaimana ditulis Kompas.com Belum ada kejelasan.

Nah, lalu siapa perempuan cantik Cempaka Aji Jaka Slewah itu Perempuan ini selalu ramah dan akrab dengan warga Dusun Ngenthak yang selalu datang ke tokoh spiritual yang dikenal sebagai Juru Kunci Gunung Merapi, yaitu Mbah Gini Karyo Redjo.

Warga Dusun Ngentak mengenal Cempaka Aji Jaka Slewah sebagai Ibu Linda. 'Kami tidak tahu persis siapa sebenarnya Ibu Linda. Beliau masih muda, cantik, dan rambutnya panjang. Ia datang ke desa kami pada waktu-waktu tertentu, terutama menjelang tanggal 1 Sura (Muharram), sendirian, naik mobil. Kadang-kadang pakai baju biasa, tapi pernah juga tiba-tiba datang berpakaian seperti pakaian pengantin Jawa,' ungkap Agus Sumarno, pemuda setempat sebagaimana dikutip Kompas.com (23/10/2014).

Yang menarik disimak, Mbah Gini yang diberitakan kala itu berumur 88 tahun, juga tidak tahu persis siapa sebenarnya Ibu Linda yang sering datang kepadanya itu. Mbah Gini hanya sering diminta Ibu Linda untuk menyelenggarakan ritual tertentu di Gunung Merapi. Termasuk, acara pernikahan tersebut.

'Ibu Linda niku nembe kagungan panuwun. Suro wingi Ibu Linda nggih dugi. Kulo mboten ngertos Ibu Linda omahe pundi. (Ibu Linda lagi punya kemauan. Menjelang Sura kemarin (tahun lalu) dia juga datang, tapi saya tidak tahu rumahnya di mana),' ucap Mbah Gini sembari terkekeh.

Mbah Gini menunjukkan sebuah pigura yang berisi foto Ibu Linda bersama dirinya. Pigura tersebut terpajang di dinding rumahnya. Dalam foto tersebut tampak seorang wanita cantik berdandan khas pengantin Jawa mengenakan kebaya putih dengan bawahan kain batik. Linda terlihat menggandeng Mbah Gini di sebelah kanan, dan di sebelah kiri terlihat seorang wanita yang umurnya juga sebaya dengan Mbah Gini.

'Coba perhatikan wajahnya, kira-kira ia (manusia) umum apa tidak' tanya Mbah Gini kepada Kompas.com kala itu.

Jika benar Linda Susanti yang disebut Kapolsek Wahono itu orang yang sama yang menikah di Dusun Ngenthak yang berada di kaki Gunung Merapi, dan berpose dengan Mbah Gini, maka Sri Baruno Jagat Prameswari tidak lain adalah wanita bernama Cempaka Aji Jaka Slewah itu. (YOHANES WIDADA/*)

Berita Terbaru