Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Siap Mudahkan Investasi di Industri Hilir Sawit

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 24 Februari 2017 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah telah menetapkan kebijakan nasional hilirisasi industri kelapa sawit dan senantiasa konsisten untuk menumbuhkan industri pengolahan kelapa sawit di dalam negeri.

"Kami berkomitmen menyusun dan menerapkan kebijakan yang pro pertumbuhan industri hilir kelapa sawit, sehingga investasi baru serta perluasan di bidang industri hilir dapat terus berjalan," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto kepada pers di Jakarta, Jumat (24/2).

Saat ini, menurut Airlangga, pihaknya telah mengarahkan pertumbuhan industri pengolahan minyak sawit untuk menghasilkan aneka produk hilir canggih, diantaranya super edible oil, golden nutrition, bio plastic, bio surfactant, hingga green fuel.

"Dalam jangka menengah, diprioritaskan upaya peningkatan investasi industri pengolahan sawit untuk mengantisipasi pertumbuhan jumlah produksi bahan baku yang diharapkan mencapai 40 juta ton Crude Palm Oil (CPO) pada 2020," papar dia.

Industri kelapa sawit dari hulu sampai hilir, lanjut Airlangga, merupakan salah satu sektor strategis yang memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional, antara lain melalui kinerja nilai ekspor, penyerapan tenaga kerja, pemerataan kesejahteraan masyarakat, dan kontribusi pada penerimaan negara.

"Berdasarkan data BPS sampai bulan September tahun lalu, nilai ekspor produk hilir sawit sebesar US$13,3 miliar atau telah melebihi nilai ekspor minyak dan gas bumi. Produk hilir mencapai 54 jenis dan rata-rata tahunan, sektor industri kelapa sawit hulu hingga hilir menyumbang US$20 miliar untuk devisa negara," ujar Airlangga.

Airlangga menambahkan, khusus bagi pendapatan bukan pajak, sektor kelapa sawit menyumbang Rp12 triliun per tahun, yang dipungut atas ekspornya dalam bentuk dana perkebunan dan bea keluar. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru