Aplikasi Kawal Pilkada dan Manajemen Relawan

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dalam Upaya Meraih Adipura Peran Masyarakat Sangat Dibutuhkan

  • 24 Februari 2017 - 20:42 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas meraih Piala Adipura harus disambut baik oleh semua elemen masyarakat.

Artinya, menurut anggota (DPRD Kabupaten Kapuas Bob Dwi Cipta Mahaputera, dibutuhkan kerjasamanya antara Pemkab dengan masyarakat untuk meraih penghargaan tersebut.

Meraih Adipura, kata Bob, bukan perkara yang gampang. Namun tidak juga begitu sulit. "Hanya dibutuhkan komitmen dan keseriusan bersama antara pemerintah dengan masyarakat," katanya, Jumat (24/2/2017).

Jadi, lanjut politikus muda partai Golkar tersebut, meraih Adipura tidak akan terwujud jika hanya pemerintah saja yang berusaha dan berkomitmen, tetapi masyarakat tidak ikut terlibat. "Makanya, peran dari masyarakat sangat dibutuhkan untuk meraih adipura itu," ungkapnya.

Bob mengatakan, taman-taman yang ada di Kapuas sudah mulai ditata oleh pemkab. Begitu juga dengan tempat pembuangan sampah (TPS) hingga tempat pembuangan akhirnya (TPA).

"Hal itu harus betul-betul kita jaga, dan manfaatkan. Sehingga dapat menciptakan keindahan, keasrian, dan kenyamanan taman," terang Bob.

Selain itu, sambungnya, masyarakat yang membuang sampah harus pada tempatnya yang sudah disediakan pemerintah melalui dinas terkait. "Karena beberapa hari ini dalam pantauan saya, masih ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan dan tidak sesuai jadwal sebagaimana himbauan yang ada," ujarnya.

"Sekali lagi, saya mengharapkan sinergi, dan peran masyarakat agar TPS yang ada harus dimaksimalkan. Sampahnya dibuang pada tempatnya, jangan sampai sembarangan, sehingga TPS tidak sia-sia dibuatkan oleh pemerintah," ujar wakil rakyat daerah pemilihan (Dapil) 1 tersebut. (DJIMMY NAPOLEON/B-5)

Ketika masyarakat berperan, kata Bob, dan juga pemkab terus berupaya melakukan pembenahan dan penyempurnaan, maka bukan mustahil di tahun ini Kabupaten Kapuas akan meraih piala adipura itu.

Berita Terbaru