Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Gunung Sitoli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sengketa Tata Batas Barsel - Bartim tak Kunjung Selesai

  • Oleh Uriutu
  • 26 Februari 2017 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Penyelesaian sengketa tata batas antara Kabupaten Barito Selatan (Barsel) dan Kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah tak kunjung selesai.

Sekretaris Daerah Barsel, Edi Kristianto mengungkapkan, sebelumnya sengketa tata batas ini sudah pernah diatasi oleh Pemprov Kalteng. Namun, Bartim tidak menerima hasil keputusan tersebut.

Maka, lanjut dia, penyelesaian tata batas diserahkan gubernur ke pemerintah pusat. Lalu, saat pemerintah pusat menentukan batasnya, giliran Barsel tidak menerima keputusan tersebut. 'Karena itu, Mendagri melalui Dirjen Pemerintahan umum menyerahkan kembali kepada gubernur untuk menentukan tata batasnya,' kata Edi Kristianto kepada Borneonews, Minggu (26/2/2017).

Ia menjelaskan, beberapa waktu lalu Dirjen Pemerintahan Umum menyerahkan ke gubernur untuk menentukan tata batas. Sengketa pun sempat menghangat karena sekjen mengatasnamakan Mendagri mendesak gubernur untuk mengikuti keinginan Bartim. Pihak Barsel menilai, hal itu tidak sesuai dengan kewenganan pemerintah pusat.

'Kewenangan pusat hanya mengukuhkan keputusan gubernur. Keputusan gubernurlah yang disahkan oleh SK Menteri Dalam Negeri, dan yang menandatanganinya Mendagri sendiri, bukan Sekjen atau Dirjen,' jelas Edi.

Hingga kini, sengketa tata batas itu belum mencapai titik temu. (URIUTU DJAPER/B-10).

Berita Terbaru