Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngada Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengrajin Kerupuk Ikan Bangkuang Harapkan Campur Tangan Pemerintah dalam Pemasaran

  • Oleh H Laily Mansyur
  • 26 Februari 2017 - 13:47 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Para pengrajin kerupuk ikan rumah tangga khas Bangkuang di Kecamatan Karau Kuala mengharapkan adanya perhatian Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Barito Selatan (Barsel) terkait dalam hal pemasaran hasil produksi.

Arbadiah, salah satu pengrajin Kerupuk Ikan khas Bangkuang ketika menuturkan, selama ini pemasaran hasil produksi mereka hanya sebatas pada Kecamatan Karau Kuala.

Padahal, para pengrajin kerupuk ikan di kelurahan tersebut jumlahnya tidak sedikit. Bahkan mencapai puluhan orang yang membuka industri rumahan.

"Akan tetapi kami masih terkendala cara pemasaran hasil produksinya," tandas Arbadiah, Minggu (26/2/2017).

Ia juga mengakui, dalam beberapa bulan terakhir ini, para perajin di Kelurahan Bangkuang makin bertambah. Mungkin karena hal tersebut, omset penjualan menjadi jauh menurun drastis dari waktu sebelumnya.

"Masalah rejeki, itu sudah menjadi urusan Tuhan. Namun alangkah baiknya jika kami sebagai pengrajin rumahan ini mendapat perhatian dari pemerintah atau instansi terkait, untuk pemasarannya," harap Arbadiah.

Hal senada di paparkan Lamsiah. Ia menilai selama ini para pengrajin kerupuk ikan di Kelurahan Bangkuang belum pernah mendapat perhatian khusus dari Disperindagkop. Apa lagi dalam pemasarannya.

"Selama ini kami hanya bekerja secara sendiri-sendiri dan memasarkannya pun tergantung ke uletan kami untuk mencari pelangan," imbuhnya.

Lamsiah berharap, keluhan para pengrajin rumahan ini kiranya bisa menjadi perhatian pihak Disperindagkop. Agar produk lokal warga pedesaan di Barsel ini dapat di kenal masyarakat luas dan dapat di pasarkan ke daerah lain.

"Kami ingin tahu sejauh mana peran Disperndagkop untuk masyarakat. Apakah hanya sekedar urusan birokrasi atau tiori semata,' tendasnya. (B-5)

Berita Terbaru