Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Balada Pemburu Lokan di Pantai Sungai Umbang

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 26 Februari 2017 - 15:03 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Matahari sudah hampir di atas kepala, teriknya tak terkira menyengat. Namun bagi para pemburu lokan di Pantai Sungai Umbang, Desa Sungai Bakau, Kecamatan Kumai hal itu tak dirasakan. Berbekal pengarik (alat garuk) dan arit mereka terus mengikis gosong (pasir timbul) mencari lokan yang tertanam dalam pasir.

Mereka berpacu dengan pasangnya air laut, menurut pemburu lokan ini semakin deras angin yang berhembus semakin cepat air laut pasang. Mereka hanya punya waktu 3 sampai 5 jam untuk mengumpulkan lokan demi lokan untuk dipasarkan ke kampung-kampung atau ke pengunjung pantai.

Lokan berbagai ukuran itu merupakan sumber daya yang tak kenal musim, lokan atau kerang ini ada di sepanjang pantai Kubu hingga ke ujung pesisir. Hanya keberadaannya di 20 meter dari bibir pantai.

"Kita hanya punya waktu 3 hingga 5 jam untuk mencari lokan, kalau sudah pasang sekitar pukul 12.00 WIB biasanya menggunakan penggaruk mencarinya, namun membutuhkan stamina, tapi kalau surut kita hanya mengikis menggunakan arit atau parang," kata Yunita pencari lokan, warga RT 19, Desa Kubu, Kecamatan Kumai. (KOKO SULISTYO/B-5)

Berita Terbaru