Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapuas Dapat Bantuan Pengembangan Jagung 200 Hektare

  • 26 Februari 2017 - 17:08 WIB

BORNEO NEWS, Kuala Kapuas - Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Kapuas mendapat bantuan bibit jagung untuk lahan seluas 200 haktare. Bantuan itu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) .

Menurut Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan Kabupaten Kapuas Jarwadi, Minggu (26/2/2017), bantuan bibit jagung itu diperuntukan bagi petani di lahan kering, terutama yang ada di Kecamatan Mantangai, Kapuas Kuala, Kapuas Murung, Dadahup, dan Tamban Catur.

"Sesuai dengan arahan Menteri Pertanian bahawa 2017 tidak ada lagi impor jagung, sehingga Kapuas mendapat jatah 200 hektare untuk pengembagan jagung yang tersebar di lima kecamatan," kata Jarwadi.

Untuk menunjangan bantuan dari pemerintah pusat tersebut, Bidang Produksi Tanaman Pangan akan mengupayakan program jagung yang terintegrasi di lahan perkebunan.

Dari data yang dimiliki Bidang Produksi Tanaman Pangan, luas lahan pertanian jagung sebelum dileburkan ada sekitar 145 hektare. Lahan seluas itu memang disiapakan untuk program budidaya.

"Untuk kelompok tani yang menerima bantuan bibit kelapa sawit, bibit karet, dan tanaman lainnya dari Dinas Perkebunan dan Kehutanan pada 2014, 2015, dan 2016, bisa menanam janguang di lahan tersebut bila umur tanaman tersebut sudah 2 tahun," ungkap Jarwadi. (DJIMMY NAPOLEON/B-3)

Berita Terbaru