Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Aru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPTP Datangkan 25 Ribu Bibit untuk Gerakan Tanam Cabai Tahap Awal

  • Oleh James Donny
  • 26 Februari 2017 - 22:06 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) mendatangkan 25 ribu bibit cabai untuk Provinsi Kalimantan Tengah. Puluhan ribu bibit tersebut didatangkan sebagai tahap awal gerakan tanam cabai yang dicanangkan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, beberapa waktu lalu.

"Gerakan di seluruh provinsi ini pertama 25 ribu bibit, dirapatkan dan ada tambahan 150 bibit, dan target Menteri Pertanian 15 juta bibit," kata Kepala BPTP Kalimantan Tengah FF Munier saat menghadiri gerakan tanam cabai di Desa Kanamit Jaya, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau, Minggu (26/2/2017) sore.

Ia menuturkan, BPTP telah bersinergi dengan program daerah. Dan Gubernur Kalteng sudah menginstruksikan semua aparatur sipil negara (ASN) untuk menanam cabai di rumah masing-masing.

"Artinya ada dua jalur, yakni satu jalur pemerintah ditambah sasaran kami untuk ibu rumah tangga," ungkapnya.

Minggu (26/2/2017), kata dia, secara simultan gerakan tanaman cabai di laksanakan di tiga daerah yakni Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau, dan Kabupaten Kapuas.

"Untuk Pulang Pisau ada sebanyak 5.500 bibit sudah tersedia, yakni sebagian dari BPTP dan sebagian kita datangkan dari kebun kita di Kapet DAS Kapuas sekitar 2.000 bibit."

Untuk Kota Palangka Raya, jumlah cabai yang ditanam sebanyak 5.000 bibit dan Kapuas 5.000-6000 bibit. "Ini kita gerakkan secara bersama-sama dan mudah-mudahan ini menjadi awal untuk pengembangan selajutnya," harapnya.

Bukan hanya cabai, gerakan tersebut juga mengimbau masyarakat menanam bawang dan sayur-sayuran lain seperti terong dan tomat. (JAMES DONNY/B-3)

Berita Terbaru