Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sleman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jembatan Kalamanan Alternatif Lain Akses Menuju Wilayah Hulu Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 26 Februari 2017 - 22:36 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bangunan Jembatan Kalanaman yang melintang di atas Sungai Kalanaman, Desa Banut Kalanaman, Kecamatan Katingan Hilir adalah alternatif lain akses untuk menuju wilayah hulu Katingan.

Pasalnya, selama ini sudah ada dua jalur menuju bagian hulu/utara Katingan yakni melewati jalan Km30 Tumbang Samba dan Jalan Soekarno-Hatta.

Kedua jalan itu bisa mengakses sampai ke ujung wilayah hulu di Katingan yakni Kecamatan Bukit Raya. Dengan adanya Jembatan Kalanaman ini maka kini ada tiga jalur darat untuk menuju wilayah hulu.

Kepala Dinas Pekerjaaan Umum (DPU) Kabupaten Katingan, Alyono mengaku jika memang tekat pemerintah daerah membuka akses jalan darat maupun jembatan ini guna membuka keterisolasian warga.

"Jadi ke depan untuk menuju wilayah bagian hulu seperti Tumbang Samba, Tumbang Manggu, Tumbang Hitan, Kajamei maupun ke Tumbang Sanamang juga bisa melewati Jembatan Kalanaman selain melewati Jalan Soekarno-Hatta dan Km30 dari Kasongan," kata Alyono, Minggu (26/2/2017).

Untuk akses jalan darat menuju wilayah hilir Katingan, Pemerintah Kabupaten Katingan juga tengah membangun jalan dari Hampangen Kecamatan Tasik Payawan menuju Mendawai Kecamatan Mendawai sepanjang sekitar 126 Km.

Pembangunan jalan Hampangen-Mendawai ini ditarget selesai pada 2018 dengan sistem multi years. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru