Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngada Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tidak Mempan Diracun, Petani Beriut Lakukan Ini untuk Basmi Tikus...

  • Oleh Parnen
  • 27 Februari 2017 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Sejumlah petani di Beriut Kuala Pembuang, Seruyan, yang persawahan padinya diserang hama tikus sejak sebulan terakhir ini mulai kewalahan dalam mengatasinya. Tidak tuntas dibasmi dengan menaburkan racun tikus, akhirnya mereka menerapkan pola ini dalam upaya pembasmiannya.

Pola pembasmian lanjutan itu yakni dengan melakukan penyetruman menggunakan mesin genset sebagai pembangkit listrik.

"Kita gunakan racun tikus dengan penaburan pada beberapa titik atau sudut lokasi lahan. Namun hasil masih belum maksimal. Karena hama tikusnya masih banyak. Terpaksa kita lakukan penyetruman, itu agar hama tidak tambah parah," kata Randi, petani Kuala Pembuang yang melakukan penyetruman, Senin (27/2/2017).

Dalam satu kali setrum, hama tikus tersengat aliran listrik jumlah yang didapat cukup banyak, antara delapan hingga sepuluh ekor yang mati. Tapi upaya ini dirasa saat ini lumayan membantu petani.

"Kalau kegiatan setrum ini kita lakukan saat malam hari. Tetap dengan mengendepankan unsur keselamatan si penyetrum (petani). Di samping, kita melakukan penjagaan dan pengawasan. Sebab kalau tidak melalui upaya penyetruman, lahan padi petani dikhawatirkan banyak mengalami kerusakan. Apalagi lahan punya kami mulai memasuki masa panen," ungkapnya. (PARNEN/B-5)

Berita Terbaru