Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kepulauan Riau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Perusahaan Diminta Komitmen Cegah Karhutla

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 27 Februari 2017 - 12:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ratusan perusahaan dihadirkan dalam rapat kordinasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di aula Jayang Tingang. Perusahaan yang hadir bergerak dibidang perkebunan, kehutanan, pertambangan, dan jasa konstruksi. Totalnya ada 263 perusahaan yang diundang.

Rinciannya, sektor perkebunan 60 unit, sektor kehutanan 88 unit, sektor pertambangan 105 unit, dan jasa konstruksi 10 unit. Meski kenyataannya, tidak semua hadir bahkan sekira separonya saja. Mereka diminta komitmen menjaga kawasannya dan bertanggungjawab jika ada Karhutla di area konsensinya.

Kapolda Kalteng Brigjen Anang Revandoko saat paparan menegaskan kembali komitmen dan kewajiban perusahaan bila sampai terjadi kebakaran di wilayahnya.

"Perusahaan harus ikut amankan wilayahnya. Tolong kelola dan dikontrol kawasannya, untuk pemeliharaan peralatan damkar mulai sekarang dicek, menara pantaunya dan sebagainya. Masih ada waktu karena sekarang masih ada hujan," tegasnya.

"Saya hanya ingatkan saja saat ini. Tapi jika nanti ada Karhutla, saya akan lempeng saja bahwa barang siapa yang lalai sehingga menyebabkan terjadinya hal itu, ada sanksi pidana," tegasnya lagi. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru