Aplikasi Pilkada Berbasis Web & Mobile Apps

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Katingan Banyak Punya Obyek Wisata Alam, Tapi Hanya Sedikit yang Ditangani, Mengapa

  • Oleh Abdul Gofur
  • 27 Februari 2017 - 12:32 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kabupaten Katingan memiliki cukup banyak obyek wisata alam, akan tetapi hanya beberapa saja yang bisa ditangani oleh pemerintah daerah.

Hal ini karena keterbatasan anggaran yang dimiliki kabupaten berjuluk Bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Demikian dikatakan Sekda Katingan Nikodemus saat acara apel gabungan ASN di halaman kantor bupati setempat, Senin (27/2/2017).

Menurut Sekda Nikodemus, beberapa obyek wisata alam yang telah ditangani Pemda Katingan, itu antara lain Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Bukit Kait Bulan dan Bukit Bulan.

Jika hal itu, katanya telah mengacu kepada Katingan konservasi untuk Borneo dan Kasongan Kota Hijau.

"Ini diwujudkan dengan melakukan ekspedisi-ekspedisi pada bukit-bukit tersebut sejak 2014 ssmpai dengan tahun 2016 kemarin," kata Sekda Nikodemus.

Dan sudah tiga tahun berturut-turut, sebut Sekda Nikodemus telah dilaksanakan kegiatan ekspedisi itu. Pertama di Bukit Baka Bukit Raya tahun 2014 dan tahun 2015. Dan ekspedisi susur sungai dan pendakian Bukit Bulan pada tahun 2016.

Sekda Niko mengaku jika kegiatan tersebut bertujuan untuk melihat dan mengenal lebih dekat kondisi kawasan, keanekaragaman hayati, ekosistemnya dan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat dalam mendukung dan melestarikan benda-benda peninggalan nenek moyang masyarakat Katingan. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru