Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Berharap Bantuan Pusat untuk Bangun Sarana Telekomunikasi di Pedalaman

  • Oleh Supri Adi
  • 27 Februari 2017 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Belum tersedianya akses telekomunikasi di daerah pedalam di Kabupaten Murung Raya (Mura) membuat Pemkab Mura merasa perlu bantuan pemerintah pusat untuk membangun menara base transceiver station (BTS). Sehingga, jangkauan sinyal untuk telepon genggam bisa merambah hingga ke desa-desa.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Murung Raya, Bimo Santoso mengatakan sekarang pihaknya tengah melakukan pendekatan kepada pemerintah pusat agar dalam waktu kedepan wilayah yang sulit dijangkau signal seluler bisa terakses.

"Seperti wilayah Kecamatan Uut Murung dan Kecamatan Seribu Riam hampir tidak ada yang terjangkau dengan signal seluler. Akibatnya secara tidak langsung daerah dikawasn tersebut terisolir," ungkap Bimo kepada Borneonews di kantornya, Senin (27/2).

Dengan adanya bantuan pemerintah pusat, lanjut Bimo, tentunya lobi kepada perusahaan jasa telekomunikasi akan lebih mudah. Sehingga secara bertahap, tidak ada lagi daerah di Murung Raya yang tidak bisa dijangkau sinyal telepon seluler.

"Sekarang hampir semua desa di kedua kecamatan itu (Uut Murung dan Seribu Riam) tidak terjangkau signal seluler. Dengan adanya peran pemerintah pusat diharapkan diwilayah kedua kecamatan tersebut bisa dibangun Base Transceiver Station (BTS) agar akses komunikasi bisa lancar," ungkap Bimo. (SUPRI ADI/B-8)

Berita Terbaru