Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Setinggi 1 Meter Merendam 60 Rumah di Desa Nanga Mua

  • Oleh Cecep Herdi
  • 27 Februari 2017 - 17:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Banjir dengan ketinggian mencapai 1 meter merendam 60 rumah kepala keluarga (KK) di Desa Nanga Mua, Kecamatan Arut Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Banjir akibat luapan Sungai Arut itu terjadi sejak Sabtu (25/2/2017).

"Hari ini sudah ada 60 rumah yang terendam banjir, ketinggian banjir dari jalan sudah 1 meter," ungkap Kepala Desa NangacMua, Masdar melalui sambungan telepon, Senin (27/2/2017).

Ia menjelaskan, dari tiga RT yang ada di desa tersebut, dua RT sudah terendam banjir. "Yang kebanjiran itu RT 2 dan RT 3, air terus naik karena hujan dari kemarin terus mengguyur kampung," kata Masdar.

Bahan makanan dan logistik pun mulai sulit didapat, pasalnya jalan akses menuju Desa Nanga Mua sudah ada yang putus akibat terendam luapan air Sungai Arut.

"Jalan dari arah Korintiga terputus, ketinggian banjir 1 meter, kendaraan sudah tidak ada yang bisa lewat," kata dia.

Dari foto yang dikirim kepala Desa tersebut kepada Borneonews, ketinggian air sudah mencapai pinggang orang dewasa. Banyak sampan dan perahu kecil yang digunakan warga setempat untuk beraktivitas di luar rumah. Jalan poros desa pun seluruhnya terendam banjir.

"Rumah juga sudah mulai terendam lantainya, tapi sampai saat ini belum ada yang mengungsi," akunya.

Ia mengaku seluruh warga desa yang terendam banjir membutuhkan bantuan berupa makanan dan obat-obatan serta pakaian layak dari pemerintah.  "Sampai saat ini belum ada bantuan," katanya. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru