Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Situbondo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harmoni

  • Oleh Yohanes S Widada
  • 27 Februari 2017 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tidak salah penilaian Menteri Agama RI menentukan pilihan daerah yang paling potensial untuk membangun. Menteri Agama  telah memilih Kalimantan Tengah sebagai daerah paling aman dan nyaman.  Aman dalam pengertian stabil, kondusif, tak ada gejolak. Sedangkan nyaman dalam pengertian damai, tenteram, rukun, saling menghargai, saling toleransi.

Dalam sebuah kesempatan terbaik dan momentum yang tepat, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menganugerahi Kalimantan Tengah dengan 'Harmony Award'.  Anugerah itu diberikan Menteri Agama kepada Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Minggu (26/2/2017) di Jakarta.

Melalui anugerah itu,  Kalimantan Tengah dinyatakan sebagai daerah paling harmonis di antara provinsi/daerah lain di Indonesia. Dengan kriteria aman dan nyaman tadi, Kalimantan Tengah memiliki modal paling siap menghadapi berbagai  tantangan.

Sekali lagi,  pilihan  Menteri Agama sangat tepat. Karena daerah ini memang memiliki tata nilai yang bisa menyerap dan mengakomodasi berbagai unsur masukan. Daerah ini memiliki kearifan lokal yang sangat fleksibel  dalam menempatkan berbagai elemen budaya lain yang datang dari luar. Dan daerah ini memiliki kemampuan menjaga dan mengelola berbagai unsur dan komponen secara arif.  

Selain itu, masyarakatnya juga sangat piawai menjaga koeksistensi secara damai antarberbagai sub-kultur yang ada. Keanekaragaman, kebhinekaan dicerna, dan dikelola dalam wadah folosofi yang disebut huma betang.

Semangat huma betang tadi, mendapat aplaus yang kuat di era kepemimpinan Gubernur Sugianto Sabran ini. Terutama sekali melalui semangat 'Kalteng BERKAH' yang dilansir sebagai  bagian dari visi-misi yang digencarkan. Spirit Kalteng BERKAH (Kalteng yang bermartabat, elok, religius, kuat, amanah, dan harmonis)  menjadi landas pacu kepemimpinan Sugianto Sabran dalam memacu pembangunan.

Dan kita sepekat dengan gubernur, bahwa kerukunan dan keharmonisan yang terjaga baik, yang harus terus jaga dan terus ditingkatkan ini merupakan modal dan fondasi yang kokoh untuk membangun daerah. Yaitu membangun infrastruktur dan berbagai agregat lainnya, ditambah membangun karakter dan kapasitas-kapabilitas moral dan intelektualnya.

Dengan 'Harmony Award' Kalimantan Tengah memiliki modal yang lebih kokoh dan mapan untuk menjalankan program-program pembangunan. Dengan semangat menjaga harmoni, masyarakat Kalimantan Tengah bukan hanya siap membangun, tetapi juga dewasa dalam menghadapi berbagai dinamika.

Selain itu, kita juga yakin, gerbong pembangunan, yang dimotori oleh lokomotif birokrasi pimpinan Sugianto Sabran akan lebih bertekad bulat, solid dalam menjalankan  good governance.  Yaitu pemerintahan dan pelayanan yang disiplin, bersih, tulus-ikhlas, dan amanah.

*)Edisi  cetak editorial ini bisa dibaca di Harian Palangka Post

Berita Terbaru