Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tabanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada Anomali Cuaca, Ini Peringatan BMKG terhadap Warga Kotawaringin Timur

  • Oleh Pariyanto Marman
  • 28 Februari 2017 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Stasiun Meteorologi Bandara H Asan Sampit Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kotawaringin Timur (Kotim) Nur Subhan mengingatkan warga Sampit dan sekitarnya agar waspada terhadap anomali cuaca yang sering terjadi beberapa waktu terakhir.

'Adanya gangguan yang disebut anomali berasal dari sebelah Barat Kalimantan,' tutur Nur Subhan saat ditemui di Stasiun Meteorologi Bandara H Asan Sampit, Selasa (28/02/17).

Menurutnya, gangguan cuaca tersebut semacam angin berputar (siklon) yang putarannya tidak berpindah tempat. Sehingga menyebabkan langit berawan atau turun hujan dengan intensitas lebih lama.

Belum lagi kondisi cuaca yang berubah-ubah dan sering terjadi hujan deras ditambah angin kencang. Dengan kondisi seperti itu, perlu adanya kewaspadaan terhadap bencana susulan seperti longsor, atau yang lebih sering terjadi, adanya genangan dan banjir.

'Untuk warga di sekitar Sampit yang perlu diwaspadai terjadinya genangan atau banjir, kalau untuk warga di sekitar dataran tinggi seperti Parenggean waspadai kalau-kalau terjadi longsor,' pesan Nur Subhan.

Dari pengamatan BMKG, puncak hujan di Sampit terjadi di akhir Maret sampai awal April 2017 nanti dengan curah hujan berkisar di 100 mm -200 mm atau dikategorikan hujan sedang. (*/B-5)

Berita Terbaru