Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malinau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kobar Dukung Program Bebas Sampah 2020

  • 28 Februari 2017 - 19:54 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin komitmen mendukung program Indonesia Bebas Sampah 2020. Komitmen itu dituangkan ke dalam bentuk deklarasi 'Kabupaten Kobar Bersih Sampah 2020' seusai apel memeringati Pekan Sampah Nasional.

"Kami telah meneken pakta integritas untuk mewujudkan Kabupaten Kobar bersih sampah 2020 dalam bentuk deklarasi," terang Pejabat Bupati Kobar, Nurul Edy saat dihubungi Borneonews, Selasa (28/2/2017).

Tidak hanya deklarasi, pihaknya mengaku akan terus mendorong masyarakat di Bumi Maruntung Batu Aji untuk mengolah sampah secara 3R (reduce, reuse, dan recycle) sehingga target pengurangan sampah nasional sebesar 20% pada tahun 2019 bisa tercapai.

"Sehingga program Indonesia bersih dari sampah pada tahun 2020 mendatang dapat terwujud," ungkapnya.

Menurut dia, upaya tersebut sempat dibahas dalam forum Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Pada forum itu, seluruh perwakilan pemerintah daerah saling menyampaikan gagasannya dalam upaya bersama menuju Indonesia Bebas Sampah pada 2020.

Di Kabupaten Kobar, jelas Nurul Edy, pengolahan sampah masih terus disosialisasikan melalui berbagai program. Salah satunya pengelolaan sampah menjadi kompos, bank sampah serta pemanfaatan sampah menjadi barang yang memiliki nilai jual.

"Kami upayakan program tersebut dapat berdampak secara maksimal pada masyarakat. Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, semua komponen harus terlibat mengatasi persoalan sampah," bebernya.

Berdasarkan catatan Kementerian Lingkungan Hidup, pengelolaan sampah dengan metode 3R dalam skala nasional saat ini masih sangat kecil, yakni 7% dan diperkirakan timbunan sampah secara nasional mencapai 200 ribu ton per hari atau setara 73 juta ton per tahun.

"Timbunan sampah ini akan meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk," tandasnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-2)

Berita Terbaru