Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pandeglang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kehabisan Hutan, BOS Buat Rumah Baru untuk Orangutan

  • Oleh Roni Sahala
  • 28 Februari 2017 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) akan menghutankan kembali Blok A, bekas lokasi Proyek Lahan Gambut (PLG) sejuta hektar di Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas. Sebab mereka membutuhkan hutan baru untuk melepaskan orangutan.

Manajer Program Konservasi BOS Mawas, Jhonson Regalino menjelaskan, rencananya areal yang akan dibuat menjadi hutan kembali seluas 30.000 hektar lebih. Proyek ini diharapkan selesai dalam 5 tahun kedepan.

"Ada sekitar 97.000 hektar areal yang masuk hutan lindung ini namun rusak. Rencananya, sekitar 30.000 hektar akan kita tanami," papar Jhonson Regalino, Selasa (28/2/2017).

Lanjut dia, ada beberapa jenis tumbuhan yang akan mereka tanam di wilayah itu. Diantaranya pohon pantung dan belangiran, yang buahnya merupakan makanan alami orangutan.

Diharapkan dalam 25 tahun kedepan, wilayah itu akan hijau kembali dan dapat dijadikan rumah bagi orangutan hasil reintroduksi Program BOS Nyaru Menteng. Tentunya harapan itu dapat tercapai dengan komitmen bersama.

Program ini sendiri mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kapuas dan Polres Kapuas. Komitmen itu ditujukan dengan ikut sertanya Wakil Bupati Kapuas Muhajirin dan Kapolres Kapuas AKBP Jukiman Situmorang dalam seremoni penanaman pohon disana.

Selain berbentuk seremonial, Polres Kapuas dan Yayasan BOS dalam waktu dekat akan membuat komitmen bersama dalam perlindungan orangutan dan habitatnya.

Berdasarkan pantauan Borneonews di lokasi, meskipun berstatus hutan lindung, lokasi yang ditanami tak terdapat pohon dengan ketinggian di atas 5 meter. Pohon-pohon baru ada sekitar 500-1000 meter dari tepi kanal. (RONI SAHALA/B-3.

Berita Terbaru