Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Sula Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terdorong Sentimen Global, Harga Minyak Sawit Rebound

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 01 Maret 2017 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Harga minyak sawit bangkit pada akhir perdagangan Selasa (28/2/2017) berkat dorongan dari menguatnya harga minyak nabati pesaing sawit di pasar komoditas global.

Padahal pada awal perdagangan, harga minyak sawit sempat jatuh hingga ke level terendah dalam hampir empat bulan. "Rendahnya harga minyak sawit setelah turun dalam beberapa sesi terakhir juga menjadi faktor bagi pelaku pasar untuk melakukan aksi beli," kata seorang pelaku pasar seperti dilansir The Star.

Futures minyak sawit di Bursa Malaysia Derivatives Exchange, Selasa, ditutup naik tipis 0,6 persen menjadi 2.770 ringgit ($624) per ton. Volume perdagangan tercatat sebesar 80.222 lot.

Pada awal perdagangan, harga minyak sawit merosot ke level 2.723 ringgit, yang merupakan level terendah sejak 2 November. Dalam dua pekan terakhir, harga minyak sawit telah anjlok 8,6 persen seiring dengan meningkatnya produksi dan lemahnya permintaan ekspor.

Menurut pelaku pasar tersebut, pasar mengikuti penguatan harga minyak kedelai di Chicago Board of Trade dan kemungkinan dalam beberapa hari ke depan harga minyak sawit akan bergerak stagnan akibat minimnya sentimen positif.

Sementara itu, minyak kedelai di Chicago Board of Trade naik 0,4 persen, sedangkan harga minyak kedelai di Dalian Commodity Exchange turun 0,4 persen. Sedangkan olein sawit di Dalian Commodity Exchange melorot 0,8 persen.

Berita Terbaru