Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

P4S Karya Baru Mandiri akan Tanam 20 Ribu Bibit Cabai

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 01 Maret 2017 - 12:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Karya Baru Mandiri, Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, menyiapkan 20 ribu bibit cabai, yang rencananya akan ditanam di lahan seluas dua hektare.

Bibit cabai varietas unggul (Bhaskara) itu rencananya akan ditanam 20 hari ke  depan. Ditargetkan, menjelang bulan puasa Ramadan cabai itu sudah bisa dipanen.

Ketua P4S Karya Baru Mandiri, Syarian mengatakan, saat harga cabai sedang bagus-bagusnya seperti saat ini, petani cabai menjadi bergairah menanam. Namun ia berharap petani tidak merugi karena salah memilih bibit dan penggunaan pupuk.

"Kalau memperhatikan aturan dan mengikuti metode penanaman cabai yang baik maka kegagalan panen dapat dihindari," saran Syarian yang juga Ketua KTNA (Kelompok Tani Nelayan Andalan) Kotawaringin Barat itu, Rabu (1/3/2017).

Ia menjelaskan menanam bibit sebanyak itu membutuhkan modal sebesar Rp50 juta. Dengan harga bagus seperti saat ini, panennya kelak diproyeksikan meraih Rp250 juta. "Masih ada keuntungan. Harapan saya kita dapat swasembada cabai kalau harga bagus dan pasarananya jelas," kata Syahrian. (KOKO SULISTYO/B-10)

Berita Terbaru