Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

510 Personil Polda Kalteng Diterjunkan dalam Operasi Simpatik

  • Oleh Budi Yulianto
  • 01 Maret 2017 - 16:38 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sebanyak 510 aparat kepolisian diterjunkan dalam Operasi Simpatik Telabang 2017 selama 21 hari kedepan berakhir Selasa (21/3/2017). Jumlah itu terdiri dari 90 personil yang bertugas di Polda Kalteng dan 420 polres jajaran.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes M Taslim Chairuddin mengatakan Operasi Simpatik ini untuk mengimbangi operasi yang prioritasnya penegakan hukum. "Untuk apa Operasi Simpatik digelar supaya masyarakat welcome membangun kesadaran," ucap M Taslim kepada Borneonews.co.id, Rabu (1/3/2017) pukul 15.00 WIB.

Kemudian Operasi Simpatik juga sebagai upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas dan membangun budata tertib lalu lintas. Serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

"Kualitas pelayanan dalam artian tidak selamanya polisi sebagai aparat penegak hukum itu berorientasi pada penegakan hukum. Tapi juga pada upaya-upaya edukasi, pendidikan atau cara-cara yang lebih simpatik dalam menegakan hukum," jelasnya.

Dia menambahkan dalam setahun ada tiga operasi yang digelar. Yakni operasi patuh, operasi simpatik dan operasi zebra.

"Operasi patuh prioritasnya penegakan hukum. Nah simpatik ini mengimbangi. Artinya langkah-langkahnya lebih banyak ke persuasif. Sedangkan operasi zebra tergantung pada situasi. Intinya bukan hanya bersifat penegakan hukum tapi ada keseimbangan," tuntasnya. (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru