Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Samarinda Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Triyanto: Musrenbang Seharusnya Bukan Hanya Bicara Belanja

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 02 Maret 2017 - 10:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat, Triyanto menyatakan, musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) jangan hanya bicara belanja. Ia mengatakan, desa dan kelurahan juga harus ikut menggali potensi di wilayahnya.

Ia menjelaskan, memang musrenbang juga kegiatan yang berkaitan dengan belanja. Tapi berapa banyak belanja yang dilakukan tergantung dari anggaran yang tersedia. "Tetapi yang perlu diingat adalah peningkatan pendapatan yang ada di daerah juga harus didorong dan hal itu dimulai dari desa dan kelurahan," kata Triyanto, Rabu (1/3/2017).

Politikus Partai Gerindra itu menuturkan, kelurahan dan desa sudah harus mulai mendata jenis usaha yang ada di wilayahnya. "Kita sangat mengerti bahwa sekarang ini kelurahan itu bukan SKPD, dan anggaran bergantung dari kecamatan. Tetapi kelurahan juga harus punya peran," kata Triyanto.

Ia menambahkan jangan sampai ada anggapan bahwa musrenbang ini hanya berkaitan dengan belanja saja, tetapi pendapatan tidak dipikirkan. (KOKO SULISTYO/B-10)

Berita Terbaru