Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toba Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Karet Naik, Daya Beli Masyarakat Tumbang Rahuyan Meningkat

  • 02 Maret 2017 - 10:38 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Naiknya harga karet membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat Kabupaten Gunung Mas (Gumas). Pasalnya, pascakenaikan harga karet daya beli masyarakat di wilayah Kelurahan Tumbang Rahuyan, Kecamatan Rungan Hulu meningkat.

"Setelah harga karet mengalami kenaikan beberapa bulan ini, ekonomi masyarakat di Tumbang Rahuyan lebih baik dan daya beli pun mengalami kenaikan," ujar salah seorang warga Tumbang Rahuyan Tolik (37) kepada Borneonews, Kamis (2/3/2017).

Tolik menyampaikan, saat ini harga jual karet dari para petani di wilayah Tumbang Rahuyan berkisar Rp10.000 sampai Rp11.000 per kilogram. Harga tersebut jauh lebih baik dari 2016 lalu yang hanya Rp6.000 sampai Rp7.000 per kilogram.

"Saat ini sudah mulai banyak masyarakat yang beralih dari usaha menambang emas dan menyadap karet. Karena harga karet sudah lebih baik dan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat," ucap dia.

Diharapkan, harga karet terus mengalami kenaikan. Bahkan bisa mencapai Rp15.000 per kilogram, seperti pada 2011 lalu. Dengan begitu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Gumas. (EPRA SENTOSA/B-8)

Berita Terbaru