Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Komering Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini yang Bikin Harga Minyak Sawit Melambung

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 02 Maret 2017 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Harga minyak sawit melonjak ke level tertinggi dalam sepekan, Rabu (1/3/2017), berkat dukungan menguatnya harga minyak kedelai di Chicago Board of Trade, meski pasar masih dibayangi sentimen negatif.

Futures minyak sawit untuk kontrak Mei di Bursa Malaysia Derivatives Exchange menanjak 2,2 persen menjadi 2.831 ringgit ($636,82) per ton, Rabu, yang merupakan penguatan harian terbesar dalam dua bulan terakhir. Sebelum penutupan, harga minyak sawit sempat menyentuh level 2.835 ringgit, yang merupakan level tertinggi sejak 21 Februari. Tercatat volume perdagangan sebesar 67.107 lot.

"Sejak awal perdagangan, harga minyak sawit sudah menguat seiring menguatnya harga minyak kedelai di AS," kata seorang pelaku pasar di Kuala Lumpur, seperti dilansir Reuters.

Harga minyak kedelai melambung hingga 6 persen, Selasa (28/2/2017) setelah sejumlah laporan menyebutkan Presiden AS Donald Trump tengah menyiapkan perintah eksekutif terkait bahan bakar biofuel, yang akan berbasis pada minyak kedelai.

Produksi sawit diperkirakan meningkat pada kuartal kedua tahun ini seiring dengan meredanya dampak dari El Nino dan membaiknya produksi tandan buah segar.

Sementara itu, harga olein sawit di Dalian Commodity Exchange juga menguat, yakni sebesar 1,3 persen. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru