Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Keerom Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Terjadi, Pemkot Hanya Punya Satgas Karhutla

  • Oleh Testi Priscilla
  • 02 Maret 2017 - 11:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Hujan lebat melanda Kota Palangka Raya, Rabu (1/3/2017) lalu . Akibatnya banjir menggenangi sejumlah titik di Kota Cantik. Meski bukan terjadi pertama kali, namun Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya hanya memiliki Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Namun Satgas Karhutla ternyata juga punya fungsi lain termasuk penanganan musibah banjir.

"Kita di Tim Satgas Karhutla ini tugas pokoknya memang untuk melakukan pencegahan dini terjadinya Karhutla khususnya di wilayah Kota Palangka Raya. Tapi kami juga memiliki fungsi lain yakni kesiapsiagaan tim terhadap kemungkinan terjadinya musibah banjir yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu seperti saat ini," ungkap Komandan Tim Satgas Karhutla Palangka Raya, Letkol Czi Alfius Nafirinda Krisdayanto, Kamis (2/3/2017).

Ia menjelaskan Tim Satgas Karhutla yang terdiri dari unsur pemerintah kota (pemko) Palangka Raya, personel TNI dan Polri lalu Manggala Agni hingga sampai pada tingkatan Babinsa pada tingkat kelurahan serta unsur terkait lainnya.

"Hingga saat ini kita terus melakukan pencegahan sedini mungkin dalam hal penanganan kebakaran lahan dan hutan, terlebih ketika terjadi pergeseran musim dari hujan ke musim kemarau," pungkas pria yang juga Komandan Kodim 1016/Plk ini. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru