Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mengutamakan Teguran, Operasi Simpatik tetap Ada Tilang

  • 02 Maret 2017 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Operasi Simpatik Telabang 2017 sudah memasuki hari kedua. Selain memberikan teguran, dalam operasi ini Satlantas Polres Kotawaringin Barat (Kobar) ternyata juga memberikan tilang bagi pengendara yang melanggar.

"Meski kami mengutamakan untuk memberi teguran, bagi pengendara yang melanggar lebih dari dua pelanggaran akan dikenakan tilang," ungkap Kasatlantas Polres Kobar AKP Asdini Pratama Putra pada Borneonews, Kamis (3/2/2017).

Asdini menyatakan, operasi ini lebih mengedepankan tindakan persuasif edukatif. Dalam operasi yang digelar di depan Mapolres Kobar itu polisi ingin meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas.

Ia menambahkan, meski operasi ini menekankan kegiatan preventif, namun tidak mengesampingkan penegakan hukum. Pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menimbulkan fatalitas kecelakaan, tetap akan ditindak dengan diberikan tilang.

"Yang perlu kita pahami bahwa Gakkum ada yang bersifat yustifial dan non yusticial (tilang dan teguran), karena operasi sekarang adalah penekanannya pada teguran baik lisan maupun tertulis," jelasnya.

Operasi Simpatik Telabang 2017 dielar mulai Rabu (1/3) lalu sampai tanggal 21 Maret 2017 nanti. Operasi ini dilakukan untuk membangun citra positif Polri melalui kegiatan-kegiatan kemitraan, sosialisasi, edukasi, giat kemanusiaan dan kampanye keselamatan.

"Dengan tujuan supaya dalam menciptakan kamseltibcar lantas mendapat suatu dukungan dan legitimasi dari semua pemangku kepentingan," tandasnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-10)

Berita Terbaru