Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Yayasan BOS Nyaru Menteng Selamatkan 11 Orangutan di Mangkutub

  • Oleh Roni Sahala
  • 02 Maret 2017 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam operasi ke-3, Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) Nyaru Menteng, Palangka Raya berhasil menyelamatkan 11 orangutan liar dari kawasan hutan Sungai Mangkutub, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas yang sudah rusak.

Primata dilindungi ini kemudian dipindahkan ke lokasi baru yang lebih aman. "Total sudah 11 orangutan yang kita rescue dan release," kata Divisi Informasi dan Komunikasi BOS Nyaru Menteng, Monteredo Frindman di Palangka Raya, Kamis (2/3/2017).

Adapun orangutan yang berhasil dipindahkan terdiri dari 7 jantan dan empat betina. Dari jumlah itu ada tiga orangutan berusia di bawah 5 tahun.

Jelas Monteredo Frindman atau biasa disapa Agung, habitat orangutan yang berada di sepanjang Sungai Mangkutub saat ini kondisinya sangat kritis. Dimana orangutan yang hidup di sana hanya makan buah rasau saja.

Kemudian di lokasi di sana terlalu banyak aktivitas warga masyarakat dan ditakutkan terjadi konflik yang berakibat dibunuhnya orangutan. "Kami pindahkan ke Hutan Lindung Bagantung supaya lebih aman," papar Agung. (RONI SAHALA/B-6)

Berita Terbaru