Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Produksi Sawit London Sumatra Turun Terdampak El Nino

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 02 Maret 2017 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pada tahun lalu, kinerja emiten perkebunan sawit terganggu El Nino, yang tergambar dari menurunnya produksi minyak sawit PT London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP).

"Meski harga rata-rata CPO naik, namun hal ini tidak menolong peningkatan laba. Kenaikan harga pada tahun lalu terjadi akibat El Nino yang mengurangi pasokan produksi sawit," kata Sekretaris Perusahaan LSIP, Endah R Madnawidjaja, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Produksi tandan buah segar (TBS) inti LSIP pada tahun lalu mencapai 1,22 juta ton, turun 12,5% karena terdampak El Nino. Akibatnya, TBS yang diproses turun 17,5% menjadi 1,7 ton sehingga produksi CPO anjlok 19,2% menjadi 384.535 ton dan inti sawit merosot 16,4% menjadi 103.234 ton.

Untuk laba bersih LSIP turun 4,9% dari tahun sebelumnya menjadi Rp593,9 miliar. Penjualannya juga turun 8,2% menjadi Rp3,8 triliun.

Sedangkan analis NH Korindo Sekuritas, Joni Wintarja, mengatakan produksi CPO tahun ini masih terganggu curah hujan yang tinggi.

"Meskipun curah hujan tinggi, prospek tahun ini cenderung stabil, belum ada sentimen terlalu positif atau negatif," ujar Joni.

Harga harga CPO di bursa komoditas Malaysia tahun ini diprediksi paling tinggi RM 3.300 per ton. Kinerja LSIP tahun ini diprediksi positif karena ekonomi global yang semakin membaik, sehingga tingkat konsumsi meningkat. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru