Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Langkah Malaysia Agar Petani Sawit Dapat Sertifikasi

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 02 Maret 2017 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sekitar 550.000 petani sawit skala kecil akan diberikan pengarahan agar mereka bisa mendapatkan sertifikasi Malaysian Sustainable Palm Oil (MSPO), yang akan diwajibkan pada 2019 mendatang.

Menurut laporan Bernama, Kamis (2/3/2017), pemerintah Malaysia akan menggelar sekitar 100 briefing dan roadshow hingga tahun depan, termasuk ke sejumlah area perkebunan di seluruh pelosok Malaysia, agar para petani kecil paham akan manfaat sertifikasi MSPO.

Menteri Perusahaan Perladangan dan Komoditi, Kementerian Perusahaan Perladangan dan Komoditi Malaysia Datuk Seri Mah Siew Keong mengatakan kementerian yang dipimpinnya berniat meningkatkan jumlah sertifikasi dengan harga yang lebih terjangkau bagi petani kecil.

Ia menegaskan Malaysia akan meningkatkan standar bagi para petani kecil, sehingga produk mereka dapat 'bermain' di pasar global, terutama di negara-negara Barat yang memiliki standar mutu tinggi.

'Jika masalah sertifikasi ini selesai, maka produk petani kecil dapat mudah masuk ke pasar Uni Eropa, yang merupakan pasar terbesar kedua bagi minyak sawit,' imbuhnya. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru