Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Awasi Pungli, Disdukcapil Kotim Sebar 16 CCTV

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 Maret 2017 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) memasang 16 kamera tersebunyi (CCTV) yang tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya pungutan liar.

'Kami sudah memasang kamera tersembunyi di 16 titik untuk pengawasan,' ujar Kepala Dinas Dukcapil Kotim, Marjuki, Kamis (2/3/2017).

Kamera tersebut tidak hanya mengawasi kemungkinan calo dari luar, tetapi juga untuk mengantisipasi ulah oknum pegawai setempat yang melakukan pungutan liar atau menjadi calo. 

"ASN wajib memberikan pelayanan kepada masyarakat dan wajib melaporkan jika ada mengetahui penyimpangan. Tugas pegawai disdukcapil adalah melayani bukan menjadi calo," lanjut Marjuki.

Marjuki menegaskan, pelayanan administrasi kependudukan tidak dipungut biaya alias gratis. Persyaratannya juga dipermudah agar masyarakat makin tertarik mengurus dan melengkapi administrasi kependudukannya.

'Masyarakat jangan sampai menjadi korban calo yang meminta sejumlah uang untuk mengurus data kependudukan,' tegas Marjuki. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru