Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sikap Polres Kapuas Peduli Orangutan Patut Dicontoh

  • Oleh Roni Sahala
  • 02 Maret 2017 - 19:58 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sikap Polres Kapuas yang menyatakan ikut dalam upaya perlindungan orangutan harus dicontoh. Karena orangutan adalah harta Indonesia yang memang wajib dijaga.

Koordinator Divisi Komunikasi dan Edukasi Nyaru Menteng Monterado Friedman mengatakan di dunia hanya ada dua sub spesies orangutan.

"Satu di Sumatera dengan nama latin Pongo Abelii dan di Kalimantan, Pongo Pygmeus Wrubby," katanya, Kamis (2/3/2017).

Sementara itu lanjut pria yang biasa disapa Agung itu, kini status kera besar dari asia ini sudah terancam punah. Berdasarkan hasil penelitian International Union for Conservation Nature (IUCN), populasinya sekitar 54.000 di Kalimantan dan 6.500 di Sumatera.

Untuk menghidarkan orangutan dari kepunahan maka perlu kerjasama banyak pihak, seperti yang dilakukan Polres Kapuas.

"Ini yang pertama polisi ikut dalam upaya perlindungan. Kita harap kedepan polres-polres lain juga mengikuti jejak Polres Kapuas," katanya.

Pasca peristiwa pembantaian orangutan di areal PT Susantri Permai di Desa Tumbang Puro, Kecamatan Kapuas Hulu, Kabupaten Kapuas, Kapolres Kapuas AKBP Jukiman Situmorang langsung mengambil langkah persuasif.

Untuk menghidarkan terjadinya kejadian serupa yang hanya akan mencoreng nama Indonesia di mata internasional, pihaknya mengambil langkah persuasif.

Jukiman menawarkan kerjasama dengan Yayasan BOS Nyaru Menteng, Palangka Raya yang dituangkan dalam nota kesepahaman. Dimana nantinya anggotanya akan turun langsung melakukan sosialisasi tentang orangutan ke masyarakat. (RONI SAHALA/B-6)

Berita Terbaru