Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemendag Dukung Ekspansi Bisnis Sawit ke Luar Negeri

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 03 Maret 2017 - 10:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kementerian Perdagangan mendorong pelaku bisnis sektor usaha kelapa sawit untuk melakukan ekspansi ke luar negeri agar komoditas andalan ini semakin dapat diterima di mancanegara.

"Kelapa sawit saat ini menjadi komoditas unggulan Indonesia yang harus didorong ekspansinya. Selama ini, kami berharap investasi masuk ke dalam negeri atau foreign direct investment, tetapi sekarang saatnya didorong pelaku dalam negeri untuk ekspansi ke luar negeri," kata Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kemendag, Djatmiko Bris Witjaksono kepada pers di Jakarta, Jumat (3/3/2017).

Dengan gencarnya ekspansi komoditas sawit ke luar negeri, menurut Djatmiko, bisa menjamin keberlangsungan aktivitas ekonomi nasional.

"Ekspansi ini, bisa dilakukan bertahap yaitu mulai dari investasi skala kecil, menengah, hingga tahap ekspansi besar-besaran dalam pengelolaan sawit dari hulu ke hilir," papar dia.

Upaya ini, lanjut Djatmiko, bisa berjalan dengan mulus karena dengan komunikasi yang baik dengan negara tujuan, biasanya akan mendapatkan sambutan luar biasa dari negara itu.

"Tidak hanya Indonesia yang diuntungkan tetapi negara tujuan juga karena mendapatkan dampak ekonomi, membuka lapangan kerja, dan tentunya mereka menjadi bergantung dengan Indonesia," ujar Djatmiko. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru