Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Humbang Hasundutan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur: Kalau Sampai Tiga Bandara di DAS Barito, Itu Bupatinya Yang Gila

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 03 Maret 2017 - 13:08 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Gubernur Kalimantan tengah (Kalteng) Sugianto Sabran meminta semua Bupati/Walikota di Kalteng tidak hanya berorientasi proyek dalam pembangunan infrasrtruktur. Artinya, pembangunan infrastruktur harus rasional dan cerdas memilah mana yang merupakan kebutuhan mendesak. Sehingga pembangunan yang dibiayai dengan uang rakyat itu hanya sekedar melaksanakan proyek, menghamburkan uang, namun jauh dari asas manfaat. Seperti wacana pembangunan tiga bandara di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito.

'Bayangkan, di DAS Barito itu, sampai mau ada tiga bandara dibangun. Kalau nanti ada perencanaan pengembangan tiga bandara betulan, itu Bupatinya yang berfikirnya gila. Buat apa nanti toh antar kabupaten sudah bisa tempuh darat 2-3 jam' kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran kepada Borneonews, Jumat (3/3/2017).

Pernyataan Gubernur ini menyoroti bupati-bupati di DAS Barito yang seakan berlomba membuat landasan pacu pesawat terbang. Padahal menurut skala kebutuhan, hal tersebut sangat tidak rasional dan jauh dari kata efektif dan efisien seperti semangat manajemen pelayanan publik sekarang ini.

'Ini kalau diajukan (anggarannya) ke Pusat, nanti total anggaran ke Kalteng pasti ada yang dihapus karena untuk usulan ini. Puluhan miliar habis disitu untuk buat bandara yang kita tidak ukur berapa sih orang yang akan naik pesawat. Belum lagi pihak maskapai apakah mau turun disitu, mereka pasti berfikir keekonomian. Sayang sekali kan, Ini harus dipikirkan,' lanjutnya tegas.

Akhrnya, sambung dia, yang semestinya anggaran bisa terserap untuk pembenahan masalah lain di daerah lain, namun karena perncanaan yang tidak matang akhirnya timbullah terbuang sia-sia hanya tersedot untuk membiayai yang tidak mendesak tadi. (M ROZIQIN/B-8)

Berita Terbaru