Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Klaten Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Tiadakan Bantuan Bibit Sapi Tahun 2017

  • 03 Maret 2017 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas meniadakan bantuan bibit sapi ternak untuk tahun 2017. Penyebabnya adalah keterbatasan anggaran.

"Tahun ini, bantuan ternak hanya berupa kambing, babi, dan bebek," kata Kabid Peternakan Dinas Pertanian Kapuas, Hery, Jumat (3/3/2017).

Kendati demikian, Hery menambahkan, bantuan untuk bibit ternak sapi bisa diperjuangkan dari APBD Provinsi Kalteng maupun APBN.

"Kalau bantuan APBD I dan APBN untuk ternak sapi belum dipastikan kapan waktu penyalurannya ke kabupaten," imbuh Hery.

Adapun bantuan ternak bebek, kambing, ataupun babi nantinya akan disalurkan untuk sejumlah kelompok tani di empat kecamatan. Untuk bantuan berdasarkan proposal yang diajukan dan diseleksi dinas pertanian. Kemudian dilakukan survei ke lokasi untuk memastikan keberadaan kelompok tani yang memerlukan.

"Bantuan 50 ekor kambing akan diserahkan ke kelompok tani di Kecamatan Basaran, Desa Batu Nindan Selatan, Kelurahan Selat Hulu, Kapuas Murung Desa Palingkau Sejahtera dan Palingkau Baru, dan Mantangai Desa Sari Makmur," kata dia.

Kemudian bantuan ternak babi, Desa Sungai Kapar, Kecamatan Mantangau, Desa Aru, Kecamatan Timpah, Desa Bajoh, Kecamatan Kapuas Tengah, Desa Jangakang, Kecamatan Pasak Telawang, dan Desa Biron Koram dan Sei Hanyo, Kecamatan Kapuas Hulu. Sedangkan bantuan bebek akan diserahkan ke sepuluh kecamatan. (DJIMMY NAPOLEON/B-11) 

Berita Terbaru